Rias Pengantin Paes Ageng - Sidoarjo - surabaya 2018 -->

Rias Pengantin Paes Ageng - Sidoarjo - surabaya 2018


pengantin,paes,ageng
Add caption


Rias Paes Ageng


Inilah Ke anggunan Rias pengatin yang tak luntur oleh waktu. 

Menjadi pilihan rias frida dan Nizar di gedung Garningsun Surabaya.

 Rias pengantin jogja paes ageng adalah rias tradisional jawa. Yang masih sering jadi pilihan para calon pengantin. Entah mengapa meski jaman telah berganti rias tradisional masih sangat di minati dan di gemari para wanita, jawa pada umumnya. Menurut cerita jaman dahulu sebagai perias yang di percaya untuk merias paes ageng, para perias dan pengantin wanita  melakukan puasa. Tujuan utama dari puasa ini untuk membersikan jiwa dan aura pengantin dapat memancarkan kebahagian untuk semua.


rias,pengantin,sidoarjo,djwita
Add caption
Pada Zaman Dahulu

Konon pada zaman dulu, busana dan tata rias manten model paes ageng Jogja hanya boleh dipakai oleh kerabat keraton. Baru pada masa Sultan HB IX dengan prinsipnya “tahta untuk rakyat” tahun 1940, masyarakat umum diijinkan memakai busana ini dalam upacara pernikahan. Maka mulai tahun inilah riasan paes ageng mulai banyak digunakan.
rias,pengantin,sidoarjo,djwita
Add caption

Ada dua jenis rias paes di tanah jawa ini. Solo dan jogja.  Dari kedua riasan ini ada ciri dan makna masing masing.  Dan taukah anda di tiap atribut riasan paes ageng mempunyai makna dan lambang yang mendalam.

Atribut Paes Ageng. 

Cunduk mentul, ceunduk mentul adalah perhiasan yang letaknya ada di kepala biasanya ada 5 sampai 7. Yang di tancapkan di sanggul rambut pengantin. Cunduk mentul yang berjumlah 5 sering di maknai sebagai rukun islam. Sedangkan cunduk mentul yang berjumlah 7 sering diartikan pertolongan/pitulungan.

5. Gunungan letaknya di kepala berbentuk seperti gunung. Menurut anda mengapa seperti gunung????  Menurut cerita di masa lalu gunung trmpatnya bertapa para alim ulama. Gunungan ini diletakan di kepala, menandakan wanita harus di hormati.

Centung

           Centung adalah perhiasan yang di letakkan di dekat telinga, berbentuk seperti sepasang gerbang terpasang di kanan dan kiri. Ini merupakan simbol gerbang  kehidupan,makna terkandung ini wanita dan pria harus siap memasuki gerbang kehidupan setelah mereka berdua menikah.


Rias Penganti di rias dengan di beri lotho di keningnya, berwarna hitam dan kadang kalah ada emas di tepi paes lothonya. Berbentuk garis lengkung lancip. Kalau di amati garis lengkungngnya di apit dengan 2 garis lengkung yang berbeda. Tengah besar dan yang tepi kecil
Lengkungan besar menyimbulkan kebesaran tuhan. Lengkungan yang kecil di sebut pengapit. Ini menyibulkan bahwa seorang wanita harus mampu menjadi pengapit atau penyeimbang dalam rumah tangga.

Citak
   Citak terletak  di kening. Bila di perhatikan mirip seperti hiasan india. Citak ini melambangkan bahwa wanita harus fokus dan berpandangan lurus ke depan.

Alis menjangan
   Alis menjangan ini berbentuk seperti tanduk menjangan. Memang ini di ambil dari filosofi tanduk menjangan yang melambngkan bahwa menjangan adalah hewan cerik dan cerdas. Wanita harus cerdas dan cerdik.


Anda berminat untuk menggunakan jasa dari kami 
call or chat me
082232340099